Selamat datang di http://prigell-zone.blogspot.com . Blog ini bersifat umum; isi artikel multi-katagori sesuai mood dan apa yang sedang dipikirkan penulis. Anda dipersilakan untuk meng-copy, mem- paraphrase dan quote sesuai kaidah HAKI yang berlaku. Segala saran positif akan sangat penulis hargai. [EN: Welcome to http://prigell-zone.blogspot.com. This blog is general; multi-category content of the article according to mood and what the author was thinking. You are welcome to copy, to paraphrase and quote according to the rules of intellectual property laws. Any positive advice would be greatly appreciated writer.] -Prigell Priya Ragil-

Selasa, 14 Juni 2011

Fenomena Gerhana Bulan Terpanjang Akan Terjadi Pada 16 Juni 2011


Tanda-tanda yang Allah kirimkan ini (gerhana) bukanlah karena kematian atau kehidupan seseorang, tetapi Allah sedang manakut-nakuti hamba-hamba-Nya dengannya, maka jika kalian melihat sesuatu yang demikian itu, bersegeralah untuk mengingat Allah, berdo’a dan meminta ampun kepada-Nya”. (HR. Al Bukhari).


Fenomena gerhana yang akan terjadi tanggal 16 juni 2011 merupakan gerhana bulan terpanjang selama 100 tahun, dimulai jam 00.25 WIB dan berakhir pada pukul 05.59 WIB. Fenomena ini bisa disaksikan di wilayah Eropa, Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia. Wilayah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan barat Australia bisa menyaksikan keseluruhan tahap gerhana bulan total tersebut. Di Indonesia, wilayah yang beruntung dapat melihat kejadian luar biasa yaitu Gerhana Bulan Total tahun 2011 ini adalah daerah pulau Sumatrra, Jawa, Kalimantan, dan sebagian Nusa Tenggara.



Di Indonesia, fenomena gerhana yang muncul disertai dengan berkembangnya berbagai mitos. Di pulau jawa berembang mitos bahwa Batara Kala (Buto) sedang memakan bulan. Oleh karena itu masyarakat beramai-ramai membunyikan berbagai benda seperti parang, kentongan atau barang-barang lain yang menghasilkan bunyi. Mitos ini masih dipercaya di berbagai daerah di pulau jawa. Ketika penulis masih kecil pun kebiasaan ini masih terjaga.



Nyatanya mitos-mitos serupa muncul di berbagai negara seperti Cina, Indian, Jepang, Prancis hingga negara adidaya Amerika Serikat. Di Cina dan Indian orang percaya bahwa seekor naga langit membanjiri sungai dengan darah lalu menelannya. Itu sebabnya orang Cina menyebut gerhana sebagai “chih” yang artinya memakan. Di jepang, orang percaya bahwa waktu gerhana ada racun yang disebarkan ke bumi. Di Prancis, Kaisar Louis wafat setelah mengamati gerhana di tahun 840. Konon ia begitu bingung saat kegelapan selama 5 menit dan meninggal karena begitu takut.


Kabar gerhana dari 14 abad silam

Sejarah pertama kali gerhana bulan tidak diketahui pasti. Tetapi yang pasti 14 abad yang lalu gerhana bulan telah terjadi. Nabi Muhammad SAW ketika terjadi gerhana, beliau keluar dengan bergegas, menarik bajunya, lalu shalat dengan manusia, dan memberitakan kepada mereka: bahwa gerhana adalah satu tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah, dengan gerhana tersebut Allah menakut-nakuti para hamba-Nya; boleh jadi merupakan sebab turunnya adzab untuk manusia, dan memerintahkan untuk mengerjakan amalan yang bisa menghilangkannya. Beliau memerintahkan untuk mengerjakan sholat, berdo’a, istighfar, bersedekah, memerdekakan budak, dan amalan-amalan shalih lainnya ketika terjadi gerhana; hingga hilang musibah yang menimpa manusia.



Kabar yang disampaiakan Nabi selalu benar adanya. Sehingga kabar-kabar yang beliau sampaiakan perlu kita perhatikan. Termasuk fenomena gerhana. Boleh jadi gerhana yang terjadi merupakan pertanda dari turunnya adzab Allah SWT. Nabi mengajarkan agar kita melaksanakan shalat sunah gerhana, istighfar dan memperbanyak amalan. Jadikan fenomena gerhana esok sebagai sarana pengingat, bahwa bulan, bumi dan matahari semua berjalan atas kuasa-Nya.

Wallahu’alam bishshawab

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini