Selamat datang di http://prigell-zone.blogspot.com . Blog ini bersifat umum; isi artikel multi-katagori sesuai mood dan apa yang sedang dipikirkan penulis. Anda dipersilakan untuk meng-copy, mem- paraphrase dan quote sesuai kaidah HAKI yang berlaku. Segala saran positif akan sangat penulis hargai. [EN: Welcome to http://prigell-zone.blogspot.com. This blog is general; multi-category content of the article according to mood and what the author was thinking. You are welcome to copy, to paraphrase and quote according to the rules of intellectual property laws. Any positive advice would be greatly appreciated writer.] -Prigell Priya Ragil-

Sabtu, 02 Juli 2011

Perbedaan Web Hosting Dengan Domain

Pengguna Internet pemula sering bingung membedakan web hosting dengan nama domain. Banyak yang mengira untuk memiliki sebuah website cukup dengan memesan nama domain saja atau sebaliknya. Tak jarang hal ini menimbulkan salah paham antara pengguna dengan perusahaan web hosting.
Web hosting berbeda dengan nama domain walaupun keduanya terlihat sebagai satu buah website. Web hosting artinya menyewa disk space di sebuah server web, sedangkan nama domain adalah nama yang didaftarkan disuatu registrar (pendaftar domain) untuk digunakan sebagai sebuah alamat website.
Masih bingung? Kita coba buat analogi sbb:


Web hosting
Analoginya adalah anda menyewa sebuah toko di sebuah lokasi kompleks pertokoan dan anda membayar biaya bulanan/tahunan. Disana anda bisa menempatkan show room, perabotan, barang dagangan, dll.
Nama domain
Analoginya adalah anda mendaftarkan nama perusahaan anda ke Departemen Perdagangan/Kehakiman. Nama perusahaan tersebut tercatat dengan alamat anda perusahaan anda di lokasi pertokoan tersebut. Jadi, web hosting berhubungan dengan lokasi (host), sementara nama domain berhubungan dengan identitas (nama orang, nama perusahaan, merek, brand, dsb.)


Sekian ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini