Selamat datang di http://prigell-zone.blogspot.com . Blog ini bersifat umum; isi artikel multi-katagori sesuai mood dan apa yang sedang dipikirkan penulis. Anda dipersilakan untuk meng-copy, mem- paraphrase dan quote sesuai kaidah HAKI yang berlaku. Segala saran positif akan sangat penulis hargai. [EN: Welcome to http://prigell-zone.blogspot.com. This blog is general; multi-category content of the article according to mood and what the author was thinking. You are welcome to copy, to paraphrase and quote according to the rules of intellectual property laws. Any positive advice would be greatly appreciated writer.] -Prigell Priya Ragil-

Sabtu, 18 Juni 2011

Terapi Berpikir Positif


Dr. Ibrahim Elfiky adalah pendiri dan ketua dewan komisaris beberapa perusahaan berskala internasional, antara lain : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kanada (CTCHD); Pusat Kekuatan Potensi Manusia di Kanada(CTCPHE); Pusat Anestesi dengan Sugesti di Kanada (CTCH); Pusat Pemprograman Bahasa Saraf di Kanada (CTCLNP). Selain meraih gela doktor di bidang metafisika di Universitas Los Angeles, juga meraih 23 gelas diploma dari beberapa lembaga papan atas di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen dan Marketing serta di akui sebagai penyususn dan peletak dasar ilmu Neuro Conditioning Dynamic (NCD) dan Ilmu Power Human Energy (PHE).


Dalam buku ini akan diawali dengan pembahasan mengenai kekuatan pikiran. Pikiran adalah alat ukur yang digunakan manusia untuk memilih sesuatu yang dinilai lebih baik dan lebih menjamin masa depan diri dan keluarganya. Dengan berpikir, kata James Allan, seseorang bisa menentukan pilihannya. Dalam psikologi - sosial, ilmuwan mendefinisikan "berpikir" sebagai bagian terpenting yang membedakan manusia dari binatang, tumbuhan, dan benda mati. Dengan berpikir, manusia bisa membedakan yang bermanfaat dan tidak bermanfaat; antara yang halal dan yang haram; antara yang positif dan yang negatif. Dengan begitu, ia bisa memilih yang cocok bagi dirinya dan bertanggung jawab atas pilihannya.



Ada kalimat bijak dari filsafat India Kuno,"Hari ini Anda tergantung pada pikiran yang datang saat ini. Besok Anda ditentukan oleh ke mana pikiran membawa Anda." Begitulah kenyataannya. Perasaan dan perbuatan pasti dimulai dari pikiran. Pikiranlah yang menjadi pendorong setiap perbuatan dan dampaknya. Pikiranlah yang menentukan kondisi jiwa, tubuh, kepribadian dan rasa percaya diri



Berpikir itu sederhana dan hanya butuh waktu sekejap. Namun, ia memiliki proses yang kuat dari tujuh sumber yang berbeda, yaitu : orang tua, keluarga, masyarakat, sekolah, teman, media masa  dan sumber ketujuh dari pembentukan pikiran adalah diri sendiri. Pikiran akan membuat arsip memori dalam akal yang akan melahirkan mindset dan dapat mempengaruhi, intelektualitas, fisik, perasaan, sikap, citra diri, harga diri, rasa percaya diri, kondisi jiwa, kondisi kesehatan dan hasil.



Jika benar-benar ingin menjadi orang bijaksana, kita harus menyadari betul bahwa didalam diri kita ada musuh besar yaitu pikiran yang negatif. Ketika kita tahu cara menguasainya, ia akan berpihak kepada kita. Sama seperti kuda yang lepas kendali, bisa membunuh kita dengan satu tendangan. Tetapi jika kita mengajarinya,  ia akan menjadi sahabat yang bermanfaat. Ingant pikiranmu adalah perbuatanmu sendiri. Tak seorangpun di muka bumi ini dapat mengubahnya untukmu. Jadi, engkaulah satu-satunya orang yang bisa mengubah dan menjadikannya berpihak kepadamu serta membantumu agar tetap stabil dan meraih kebahagiaan.



Zeno berkata, "Hidup adalah pantulan pikiran dan keyakinan Anda. Untuk mengubah hidup, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengubah pikiran dan keyakinan Anda."

Hidup yang anda jalani saat ini adalah pancaran pikiran, keputusan, dan pilihan Anda. Jika Anda rela menerima tantangan, berarti Anda telah merintis perubahan, kemajuan dan perkembangan.



Menelusuri sifat-sifat kepribadian positif dan bagaimana kita bisa menggunakannya dalam kehidupan  sehari-hari. Ada sepuluh sifat utama yang menjadi ciri khas kepribadian positif. Sifat-sifat itu akan membantu kita mewujudkan cita-cita, serta memberi kebahagiaan, ketenangan dan ketentraman jiwa. Sifat-sifat itu antara lain : "beriman, memohon bantuan, dan tawakal kepada Allah; nilai-nilai luhur; cara pandang yang jelas; keyakinan dan proyeksi positif; selalu mencari jalan keluar dari berbagai masalah; belajar dari masalah dan kesulitan; tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi hidupnya; percaya diri, menyukai perubahan, dan berani menghadapi tantangan; hidup dengan cita-cita, perjuangan dan kesabaran; pandai bergaul dan suka membantu orang lain."



Kenyataan adalah persepsi Anda. Jika Anda ingin mengubah kenyataan hidup Anda, mulailah dengan mengubah persepsi Anda. Tujuh prinsip berpikir positif : "masalah dan kesengsaraan hanya ada dalam persepsi; masalah tidak akan membiarkan anda dalam kondisi yang ada: ia akan membawa anda pada kondisi yang lebih buruk atau yang lebih baik; jangan jadi masalah, pisahkan dirimu dari masalah; belajarlah dari masalalu, hiduplah pada masa kini, dan rencanakan masa depan; setiap masalah ada solusi spiritualnya; mengubah pikiran berarti mengubah kenyataan, pikiran baru menciptakan kenyataan baru; ketika Allah menutup satu pintu, pasti Dia membuka pintu lain yang lebih baik.



Perhatikan pikiran Anda sebelum berubah menjadi konsentrasi. Perhatikan konsentrasi Anda sebelum berubah menjadi perasaan. Perhatikan perasaan Anda sebelum berubah menjadi perilaku. Perhatikan perilaku Anda sebelum berubah menjadi hasil. Perhatikan hasil yang Anda dapat sebelum menentukan jalan hidup Anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini